5 Keunggulan yang menjadi daya tarik Kabupaten PALI dalam menarik minat Investor

Setelah dilakukan survei identifikasi, inventarisasi, kajian dan analisis oleh Tim Investasi yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Penanaman Dinas Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu 5 Keunggulan yang menjadi daya tarik Kabupaten PALI dalam menarik minat Investor baik lokal maupun manca negara untuk menanamkan investasinya di wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yaitu sebagai berikut:

  1. Letak geografis Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yang tepat berada ditengah-tengah wilayah Provinsi Sumatera Selatan sehingga memiliki keunggulan dari aspek aksessibilitas keseluruh wilayah kabupaten/kota yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Letak geografis yang sangat strategis ini akan mempermudah proses Supply Chain dari dan ke seluruh wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yang sekaligus adalah keunggulan komparatif dan kompetitif bagi Kabupaten Pali dan para investor yang berinvestasi di Kabupaten Pali.
  2. Sumber daya alam yang melimpah yaitu minyak dan gas bumi, batubara, kehutanan, pertanian dan perkebunan yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.
  3. Luas wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yang 1.840 Km2 dengan jumlah penduduk sekitar 180.000 jiwa, terdiri dari 5 kecamatan, 6 kelurahan dan 65 desa dengan jarak antar kecamatan, kelurahan, desa yang berdekatan adalah keunggulan komparatif dalam hal aksesibilitas dari sentra produksi migas, petambangan, pertanian, perikanan, perkebunan dan kehutanan yang ada ke seluruh wilayah Kabupaten Pali dan ke seluruh Wilayah Provinsi Sumatera Selatan.
  4. Infrastruktur jalan dan jembatan Kabupaten Pali dengan rasio 90% yang sangat baik dan baik berbanding 10% jalan dan jembatan dengan kondisi rusak sedang dan berat adalah yang terbaik di Sumsel dan ini merupakan keunggulan komparatif dan sekaligus keunggulan kompetitif bagi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dalam menarik minat para investor untuk menanamkan investasinya di Kabupaten Pali.
  5. Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu memberikan kemudahan dalam pengurusan perizinan bagi seluruh pelaku usaha dan investor untuk menanamkan modalnya diwilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

Demikian 5 keunggulan yang dimiliki Kabupaten Pali sehingga akan menjadi keunggulan komparatif dan kompetetif yang bisa didapatkan oleh para investor yang menanamkan investasinya di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

Penulis:

Drs. Alfian Herdi, M.Si. Kepala Dinas PMPTSP Kab. Penukal Abab Lematang Ilir.